tutorialservis.com

Kipas Laptop Tidak Mau Menyala

Oktober 17, 2024 | by tutorialservis.com

Kipas Laptop Tidak Mau Menyala

Pendahuluan: Kipas Laptop Tidak Mau Menyala

Tutorial Servis – Kipas Laptop Tidak Mau Menyala. Sebagian besar laptop modern memiliki kipas yang memindahkan udara panas dari ventilasi dan memasukkan udara baru yang lebih dingin dari luar untuk mendinginkan CPU, GPU, dan motherboard. Mekanisme ini memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman terbaik tanpa perlambatan apa pun. Ini adalah salah satu bagian terpenting dari kecepatan laptop. Sebaliknya, jika kipas laptop Anda berhenti bekerja, hal itu dapat menyebabkan sejumlah masalah, mulai dari kinerja yang lambat hingga terbakar dan mati, atau bahkan kerusakan pada mesin Anda.

Jika kipas laptop Anda berhenti bekerja, jangan khawatir. Membaca ini akan membantu Anda mengetahui apa yang salah dan cara terbaik untuk memperbaikinya agar dapat berputar kembali.

Apa yang salah dengan kipas laptop Anda dan bagaimana cara memperbaikinya? Banyak hal yang dapat menghentikan kipas laptop Anda bekerja. Beberapa masalah terjadi karena perangkat lunak dan dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat di dunia perangkat lunak. Masalah-masalah ini terjadi karena perangkat keras dan akan memerlukan sedikit lebih banyak pekerjaan. Anda bahkan mungkin perlu mengunjungi pusat layanan atau menyewa seseorang untuk membantu Anda memperbaikinya. Masalahnya dapat terjadi karena salah satu dari hal-hal berikut:

  • Kipas bahkan tidak perlu berputar sekarang.
  • Ini telah melakukannya dengan alat penonaktif kipas atau BIOS.
  • Windows mematikan kipas karena itulah yang dikatakan rencana daya.
  • Saluran yang memberikan daya ke kipas telah terputus.
  • Ada debu atau kotoran pada kipas dan ventilasi udara laptop Anda.
  • Seluruh kipas rusak dan perlu diganti.

Cara Memperbaiki Kipas Laptop Tidak Mau Menyala

Anda tidak perlu memutar kipas laptop.

Kipas laptop hanya menyala saat bagian-bagian di dalamnya benar-benar perlu untuk mendinginkannya. Tidak ada alasan bagi kipas untuk menyala saat laptop Anda tidak terlalu membebani bagian dalamnya. Jadi, jika kipas pada laptop Anda tidak bergerak, mungkin kipas itu tidak perlu bergerak. Jadi, tidak ada cara untuk menyelesaikan masalah ini yang tidak ada.

Periksa alat kontrol kipas dan BIOS

Misalnya, beberapa laptop, terutama laptop gaming, melengkapi perangkat lunak khusus yang memungkinkan Anda mengubah perangkat keras perangkat tersebut agar berfungsi lebih baik atau lebih buruk bagi Anda. Perangkat lunak bernama Asus Armory Crate menyertakannya pada beberapa komputer Asus. Program semacam ini juga mengontrol cara kerja kipas, dan jika pengaturan kipas di dalamnya kacau, kipas laptop Anda mungkin berhenti bekerja.

Untuk memperbaikinya, buka perangkat lunak yang tersebut dan nyalakan kembali kipas. Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan di halaman pengaturan, sebaiknya kembalikan semuanya ke pengaturan awal. Anda juga dapat memeriksa YouTube untuk petunjuk tentang cara menemukan kontrol kipas di perangkat lunak laptop Anda.

BIOS adalah tempat lain tempat Anda dapat mengubah cara kerja kipas laptop Anda. Bagi yang belum tahu, BIOS adalah program pertama yang berjalan saat Anda menyalakan komputer. Program ini memeriksa teknologi di laptop Anda dan mengaturnya agar sistem operasi dapat bekerja.

Sering kali, BIOS tidak akan membiarkan Anda mematikan kipas sepenuhnya. BIOS hanya memungkinkan Anda mengubah kecepatan kipas. Jadi, Anda harus memeriksa BIOS untuk mengetahui apa yang terjadi pada kipas. Sebelum dapat memperbaikinya, Anda perlu masuk ke BIOS. Hal itu mungkin dilakukan: Tekan dan tahan tombol Shift saat Anda menyalakan ulang komputer.

  • Menemukan dan memperbaiki masalah Pilih “Lanjutan” lalu “Pengaturan firmware UEFI.”
  • Untuk masuk ke BIOS, tekan “Mulai ulang.”
  • Setelah itu, cari tab yang bertuliskan Kontrol Perangkat Keras, Pendinginan, atau Kustomisasi. Di tab-tab inilah Anda dapat mengubah pengaturan kipas.
  • Setelah itu, hidupkan kembali komputer Anda. Hal itu akan membuat segalanya lebih baik.

Periksa rencana daya Windows

Terkadang, rencana daya Windows Anda yang menjadi penyebabnya. Bergantung pada pengaturan kinerja/daya yang Anda pilih, kipas mungkin telah mati. Jika komputer Anda dalam mode Hemat Daya di Windows 10 atau 11, kipas kemungkinan akan mati. Untuk memperbaiki masalah, periksa pengaturan rencana daya perangkat Anda.

Jika Anda mengubah rencana daya ke mode Seimbang atau Kinerja Tinggi, kipas mungkin mulai berputar lagi. Klik Ubah pengaturan rencana daya dan lihat apakah ada cara untuk menghidupkan atau mematikan kipas. Jika ini tidak membantu, buka Pilih atau sesuaikan rencana daya.

Pastikan tidak ada sambungan yang longgar atau putus

Ada kemungkinan kipas di laptop Anda kehilangan daya karena tidak mendapatkan daya dari CPU. Pada komputer kompak, sambungan yang longgar atau putus terjadi sepanjang waktu. Ini bisa jadi penyebab kipas tidak bekerja. Untuk memperbaiki masalah, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Jangan gunakan PC.
  • Lepas casing laptop untuk menjangkau bagian dalam.
  • Lihat apakah ada sambungan yang longgar.
  • Jika Anda menyambungkan kabel lagi, kipas akan bekerja lagi.

Meskipun langkah-langkahnya tidak terlihat terlalu sulit, selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan, jadi kecuali Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan, kami sarankan untuk meminta bantuan dari seorang profesional.

Bersihkan kipas laptop

Debu dan benda asing lainnya cenderung menumpuk di kipas laptop dan ventilasi udara seiring waktu. Jika kipas laptop berhenti bekerja atau bergerak lambat, berikut cara untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang menghentikannya bekerja secara normal: Jangan gunakan PC Anda.

  • Lepas penutup untuk menjangkau bagian dalam.
  • Gunakan udara bertekanan dan sikat atau kain katun untuk membersihkan kipas, heatsink CPU/GPU, dan ventilasi udara.
  • Sebelum Anda menggunakan larutan apa pun untuk membersihkan bagian kipas, pastikan larutan tersebut aman untuk komponen komputer.

Penutup: Kipas Laptop Tidak Mau Menyala

Sebagai penutup, menghadapi masalah Kipas Laptop Tidak Mau Menyala bisa sangat mengganggu, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasinya. Dari pembersihan rutin hingga pemeriksaan komponen, setiap tindakan kecil dapat membantu menjaga performa laptop Anda. Jangan biarkan masalah ini menghalangi produktivitas Anda; jadikan pemeliharaan sebagai kebiasaan agar perangkat tetap dalam kondisi optimal. Dengan perhatian yang tepat, laptop Anda akan kembali berjalan dengan baik dan siap mendukung segala aktivitas Anda!

RELATED POSTS

View all

view all