tutorialservis.com

Cara Memperbaiki Stang Motor 

September 13, 2024 | by tutorialservis.com

Cara Memperbaiki Stang Motor 

Pendahuluan: Cara Memperbaiki Stang Motor 

Tutorial Servis – Cara Memperbaiki Stang Motor. Stang juga harus dalam kondisi baik agar sepeda motor mudah untuk mengendarainya. Jok yang lebar saja tidak cukup. Apalagi jika motor sering menggunakannya di jalan yang buruk, stang harus stabil dan seimbang. Banyak bagian yang memengaruhi kondisi stang. Jika salah satu bagian ini rusak, stang bisa goyang. Anda bisa melihat terlebih dahulu penyebab dan cara memperbaiki stang motor yang tidak tetap berikut ini.

Lebih mudah untuk mengetahui cara memperbaiki sesuatu jika Anda tahu penyebabnya. Saat mengendarai sepeda motor, jangan menggoyangkan stang. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan.

Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya

Jika Anda mengendarai sepeda motor setiap hari, beberapa bagiannya mungkin rusak. Karena kerusakan tersebut, roda sepeda motor bisa goyang. Hal ini sering terjadi, jadi jangan panik saat terjadi. Ada beberapa hal yang bisa Anda cek terlebih dahulu jika mengalami masalah ini. Agar tidak terjadi kecelakaan, sebaiknya jangan terus-terusan berkendara. Cek hal-hal ini untuk mengetahui apakah itu penyebab stang motor goyang.

Ban yang kondisinya buruk

Ban motor sangatlah penting. Adapun ban yang kempes atau bocor dan masih memakainya dapat merusak pelek dan bahkan stang motor. Ada beberapa kondisi ban yang tidak bisa memakainya lagi.

Pertama, ada beberapa benturan yang terjadi karena terlalu sering menghantam jalan rusak dan ban tipis. Masalah kedua adalah ban kempes, yang bisa terjadi karena kebocoran atau tekanan angin yang tidak mencukupi. Jika ban motor kempes, stang tidak akan stabil. Dan terakhir, ukuran ban tidak sesuai dengan pelek motor. Jika ukurannya lebih kecil, stang tidak akan stabil saat dikendarai di jalan yang rusak.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki stang motor yang goyang karena ban adalah dengan menggantinya. Saat membeli ban, pastikan velg dan ban berukuran sama dengan yang tertera pada label pabrik. Selain itu, jangan pernah membeli ban bekas. Ban yang masih baru, dalam kondisi baik, dan tidak terlalu tipis akan lebih awet.

Jangan lupa untuk memastikan angin mobil memiliki daya dorong yang pas. Sulit untuk berpegangan pada stang saat ban kempes atau terlalu keras. Jadi, hal itu akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Seberapa Parah Kerusakan Velg

Alasan kedua ini juga bisa berasal dari roda sepeda motor. Terkadang velg rusak sehingga membuat stang sepeda motor goyang. Yang pertama adalah velg yang bengkok karena terjatuh atau dikendarai dengan ban kempes.

Alasan kedua adalah velg yang retak sehingga tidak stabil saat melaju. Orang bisa mengetahui seperti apa bentuk velg ini. Letakkan sepeda motor pada dudukan ganda, putar roda, dan lihat dari depan atau belakang.

Berarti ada masalah dengan velg jika velg yang berputar terlihat seperti bergoyang. Peleknya bisa retak atau bengkok. Masalah dengan pelek hanya bisa diperbaiki dengan membeli yang baru. Anda tidak bisa begitu saja memperbaiki retakan atau membengkokkan pelek dan menggunakannya. Selalu gunakan roda yang ukurannya tepat.

Komstir yang Mulai Longgar

Komstir merupakan bagian yang sangat penting dari sepeda motor karena memungkinkan Anda mengendalikan seberapa cepat ia melaju. Pada rangka depan sepeda motor, di antara bentuk garpu, Anda dapat menemukannya. Kemudi bisa rusak setelah beberapa waktu penggunaan. Biasanya, kerusakannya adalah kemudi menjadi longgar, yang membuat lengan sulit digerakkan. Orang-orang dapat mengetahuinya karena stang mulai bergetar dan sulit diputar. Stang terasa seperti akan tetap lurus saat Anda ingin berbelok.

Komstir kemudi berbentuk bulat, seperti donat, dan memiliki bola-bola kecil di dalamnya. Kerusakan terjadi saat bola-bola di dalamnya aus. Akan sulit untuk menyetel stang saat hasil ini tercapai.

Jika stang sepeda motor Anda bergetar karena masalah pada kemudi, Anda perlu membeli yang baru. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki handling yang tidak kencang. Cara ini tidak akan berhasil meskipun Anda mengoleskan gemuk.

Bearing yang Terlalu Longgar

Leher di tengah roda adalah bearing roda. Tugas utama komponen ini adalah menjaga poros agar tidak bergesekan dengan hub roda. Bearing roda juga akan memudahkan roda berputar. Sering kali, bearing bola bulat yang rusak di dalam bearing roda menjadi penyebab kerusakan. Dengan menggoyangkan roda ke kiri dan ke kanan, Anda dapat melihat apakah bearing roda yang menjadi penyebab stang tidak mau diam di tempatnya.

Stang sepeda motor akan goyang jika roda terasa longgar, yang berarti bearingnya rusak. Jika ini yang salah, Anda harus segera mengganti bearing roda. Persis dengan alasan mengapa handling tidak dapat diperbaiki jika longgar. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya penggantian karena komponen ini tidak terlalu mahal. Segitiga pemasangan motor tidak berfungsi dengan benar.

Alasan selanjutnya adalah segitiga sepeda motor

Alasan berikutnya adalah dudukan segitiga sepeda motor, yang merupakan bagian dari cara stang menyambung ke peredam kejut. Dudukan ini akan membuat stang sepeda motor bergoyang jika garpu kiri dan kanan tidak sejajar.

Anda perlu memeriksa dudukan segitiga sepeda motor itu sendiri untuk mengetahui apakah itu yang salah. Letakkan dudukan segitiga sepeda motor di permukaan yang datar dan gunakan alat ukur yang lebih besar untuk memeriksa seberapa lurus dudukan tersebut.

Jika ada bagian yang tidak pada tempatnya, dudukan tersebut harus segera diperbaiki. Untuk memperbaiki stang sepeda motor yang bergoyang karena masalah ini, Anda perlu membawanya ke bengkel yang tepat. Dudukan akan didorong agar dapat kembali ke tempatnya semula.

Peredam kejut tidak berfungsi dengan baik.

Peredam kejut adalah hal terakhir yang dapat mengguncang stang. Dua masalah dapat terjadi. Yang pertama adalah peredam kejut bergerak dan tidak lurus. Masalah pertama biasanya terjadi saat sepeda motor mengalami benturan keras. Masalah kedua adalah bantalan karet tidak cukup kencang. Roda akan bergetar sendiri jika shockbreaker berada dalam salah satu situasi ini.

Mengapa hal itu terjadi? Karena tugas utama shockbreaker adalah menahan roda dan menyerap guncangan saat melewati tanah yang kasar. Roda akan terasa longgar jika setelan karet tidak kencang atau terjadi perpindahan gigi. Bengkel adalah satu-satunya tempat untuk memperbaiki stang sepeda motor yang tidak dapat tetap lurus karena masalah pada shock absorber. Mekanik di bengkel akan segera memperbaikinya dengan mengencangkan bantalan karet atau mengembalikan shockbreaker ke tempatnya semula.

Untuk menjaga keseimbangan dan kecepatan sepeda motor, stang merupakan bagian yang sangat penting. Tanpa stang, akan sulit untuk mengendarai apa pun, bahkan mobil. Jika stang sepeda motor Anda bergetar dan Anda perlu mengganti bagiannya, jangan melakukannya sendiri.

Penutup: Cara Memperbaiki Stang Motor 

Selama perjalanan Anda mempelajari cara memperbaiki busi mobil Anda, Anda tidak hanya akan memperbaiki satu bagian; Anda juga akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan keselamatan orang yang Anda cintai. Mereka akan melakukan perjalanan lebih mulus dan menyenangkan jika memahami dan menerapkan teknik yang baik. Tidak perlu khawatir, setiap masalah yang Anda hadapi adalah kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mesin pilihan Anda. Jadi, jika Anda melihat rangkaian masalah berikutnya, Anda akan melihat bahwa setiap putaran dan penyetelan pada poros motor adalah beberapa masalah terbesar dalam industri otomotif. Selamat berkendara dengan lebih percaya diri dan aman, dan teruslah menjelajah sehingga perawatan motor Anda yang menarik!

RELATED POSTS

View all

view all