tutorialservis.com

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 

Juli 1, 2024 | by tutorialservis.com

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 

Pendahuluan: Cara Memperbaiki Mesin Cuci 

Tutorialservis.com – Bukan hanya ahli peralatan rumah tangga yang bisa memperbaiki mesin cuci. ​Anda dapat memperbaiki mesin cuci Anda sendiri jika Anda adalah pemilik rumah. Masalah umum, seperti tidak dapat hidupkan mesin, membersihkan dengan benar, berputar, atau mengaduk, sering kali mudah menyelesaikannya dalam hitungan menit.

Hal-hal Keamanan yang perlu Anda ingat sebaiknya putuskan sambungan mesin cuci Anda sebelum memulai perbaikan apa pun, tidak peduli seberapa kecil perbaikannya. Karena sangat besar dan kuat, mesin cuci bisa terguling. Jangan pernah memindahkan atau memiringkan peralatan sendirian.

Memperbaiki mesin cuci yang tidak dapat dihidupkan

Pencucian yang umum terjadi ini membuat mesin tidak dapat menghidupkannya. Setelah memutar tombol atau menekan tombol “ON”, tidak terjadi apa-apa.

Pastikan Perangkat Telah Terpasang

Pastikan kabel daya di belakang mesin cuci telah tersambung dengan memeriksa. Mesin dapat bergeser akibat gerakan mesin cuci yang kuat, khususnya ketika​​​beban tidak seimbang. Mesin mungkin secara tidak sengaja melepaskan kaitan kabel listrik saat sedang bergerak. Lepaskan ikatan kabelnya dalam hal ini untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar.

Periksa Pemutus Sirkuit

Apakah pemutus arus mesin cuci dimatikan? Temukan panel layanan listrik untuk mengatur ulang pemutus arus.​​ Setelah Anda menemukan pemutus arus yang sesuai, matikan “OFF” lalu kembalikan ke “ON”.

Periksa Tutupnya

Banyak masalah mesin cuci yang dapat terasasi dengan memeriksa tutupnya, namun hal ini bergantung pada apakah mesin tersebut memiliki pintu bukaan atas atau bukaan depan.

Mesin Cuci Bukaan Depan

Saklar penutup pada mesin cuci bukaan depan Anda dapat rusak. Bagian kusen pintu inilah yang memperingatkan mesin bahwa pintu telah tertutup rapat dan aman untuk mulai mengisi air.​​​​​​​ Tutup penutupnya dan lihat bagaimana komponen pintu menyatu dengan komponen mesin.​​ Bagian atas harus bersandar​​ke bagian bawah.

Bukaan Atas 

Untuk menguji tutupnya, hidupkan mesin ke posisi “ON” dan masukkan ujung pena yang tumpul ke dalam lubang penerima kait. Meskipun tutupnya terbuka, air akan mulai terisi jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya.​​​​

Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Membersihkan Pakaian

Saat pakaian Anda keluar dari mesin cuci setelah satu siklus penuh, pakaian tersebut mungkin tidak terlalu bersih atau tertutup serat, rambut, dan partikel kecil lainnya.

Menilai Kelebihan Beban

Jangan isi mesin cuci Anda sampai penuh. Tidak ada cukup ruang dalam mesin cuci yang terlalu penuh untuk air bilasan bersih untuk menghilangkan deterjen dan kotoran. Lihat buku pegangan pemilik Anda untuk rincian tentang batas muatan tertentu.

Modifikasi Deterjen

Kurangi jumlah deterjen yang Anda gunakan. Penggunaan deterjen yang berlebihan dapat menyebabkan serat dan partikel lain menempel kembali pada pakaian, bukannya hilang.​

Persediaan Hewan Peliharaan harus dicuci Secara Perpisah

Pencucian yang berhubungan dengan hewan peliharaan harus melakukannya secara terpisah dari cucian biasa, termasuk selimut, tempat tidur kucing dan anjing, serta mainan kunyah. Setelah mencuci, bersihkan tabung mesin cuci secara manual jika muatan hewan peliharaan sangat kotor.

Memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar

Mesin cuci sudah selesai mengosongkan airnya, namun masih berputar lambat atau tidak berputar sama sekali.

​Mengatur Ulang Pakaian

Mengatur pakaian secara berbeda di dalam bak mesin cuci. Tutup penutupnya sekali lagi. Perangkat akan mulai berputar dengan sendirinya. Pakaian tebal seperti sweater dan jeans, serta tekstil dengan daya serap tinggi seperti handuk dan selimut, dapat dengan mudah menyebabkan ketidakseimbangan.

Pastikan Perangkat dalam keadaan rata.

Verifikasikan ketinggian Lantai Mesin. Mesin cuci pakaian Anda telah terancang untuk mendeteksi saat mesin berada di luar ketinggian dan akan berhenti berputar untuk memastikan keamanan. Gunakan level gelembung atau level laser untuk memeriksa levelnya. Untuk meratakan mesin lagi, ubah posisi kaki. Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin harus menambahkan platform rata di bawah mesin cuci atau ratakan kembali lantai.

Pastikan Drainasenya Sesuai

​​Periksa selang pembuangan dan sistem drainase.​ Sistem drainase mesin dapat tersumbat oleh benda-benda kecil. Tanpa membongkarnya, Anda mungkin bisa memeriksa pompa pembuangan mesin cuci.​​ Terakhir, ada kemungkinan saluran drainase mesin, yang membentang dari belakang hingga titik drainase, tersumbat.​​

Mengganti Mesin Cuci yang Berisik

Saat mesin cuci berada dalam siklus pengadukan atau putaran, mesin akan berdebar atau berbunyi. Perbaiki masalah ini secepat mungkin karena gerakan dapat merusak mesin cuci dan menyebabkan masalah lainnya.​​

Ganti atau Lumasi Bantalan Bak

Tepat di bawah bak mandi, bantalan bak mandi mungkin sudah aus dan perlu diganti. Bantalan bak mandi mungkin memerlukan pelumasan (pelumas) jika mesin cuci mengeluarkan bunyi berdecit.

Periksa Ikat Pinggangnya

Kemungkinan puli mesin atau sabuk penggerak mesin cuci sudah aus.​​​ Hal ini saat memperbaikinya agaknya rumit karena untuk mencapai motor, Anda harus membongkar sebagian besar mesin.​​​ Mungkin ada keretakan, keretakan, atau ketidakteraturan lainnya pada sabuk katrol pompa. Sabuk juga sering kali mengeluarkan bau karet terbakar.​ 

Penutup: Cara Memperbaiki Mesin Cuci 

Anda dapat memastikan bahwa pintu​​ rumah Anda tetap berfungsi sebaik mungkin dengan memahami cara merawatnya mesin cuci. Rumah Anda ​​​terus berfungsi sebaik-baiknya dengan memahami cara merawat mesin cuci.​ Harap pertimbangkan investasi ini investasi sebagai sebagai strategi jangka panjang untuk mencapai kehidupan sehari-hari yang berkelanjutan dan efisien.

RELATED POSTS

View all

view all