tutorialservis.com

Cara Memperbaiki Ponsel Rusak Karena Air 

Mei 18, 2024 | by tutorialservis.com

Cara memperbaiki ponsel Rusak karena air

Pendahuluan: Cara Memperbaiki Ponsel Rusak Karena Air

Tutorialservis.com – Pada arikel kali ini Mimin akan membahas tentang Cara memperbaiki ponsel Rusak karena air. Kita biasanya membawa ponsel saat pergi keluar untuk menikmati cuaca yang lebih hangat. Baik saat berada di pantai atau di atas kapal. Sulit untuk menjaganya tetap kering. Pada tahun 2023 menunjukkan bahwa antara bulan Juni dan Agustus, lebih banyak klaim atas kerusakan akibat cairan pada ponsel apabila membandingkannya dengan waktu lainnya sepanjang tahun.

Beberapa ponsel terbaru bersifat tahan air, namun hanya akan aman jika berada di bawah air selama jangka waktu tertentu. Untuk mempelajari lebih lanjut, baca panduan kami tentang ponsel tahan air. Jika ponsel Anda basah, casing tahan air akan membantu​itu tetap kering. Jika Anda menjatuhkan ponsel ke dalam air, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mengeluarkan air.​​ 

Adapun Cara Memperbaiki Ponsel Rusak Karena Air: 

  • Segera keluarkan ponsel dari cairannya. Semakin lama ia berada di sana, semakin banyak cairan yang bocor ke berbagai lubang.
  • Jangan gunakan telepon, matikan.​
  • Singkirkan penutup pelindungnya.
  • Buka bagian belakang jika bisa dan keluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu microSD (jika ada).
  • Keringkan ponsel Anda dengan kain atau handuk kertas. Jangan menggosok telepon, karena dapat menyebabkan cairan masuk ke bagian telepon yang lebih halus.​​​​ Jika ponsel terendam sepenuhnya, Anda dapat mencoba menyedot debu di sekitar tepi ponsel dan memecahkannya dengan sangat hati-hati lebih banyak air yang keluar.
  • Jangan meletakkan ponsel Anda di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Jika ponsel Anda basah, Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus memasukkannya ke dalam beras, tetapi menurut kami ini bukan ide yang bagus. Paket gel silika, seperti paket yang disertakan dengan barang baru seperti sepatu, telah terbukti bekerja lebih baik. Masukkan paket silika gel ke dalam kantong plastik beritsleting, lalu sembunyikan ponsel di dalam kantong.​​​ Selama 24 hingga 48 jam, tinggalkan ponsel Anda di dalam tas.

Nyalakan ponsel Anda setelah membiarkannya benar-benar kering. Isi daya hingga penuh dan coba lagi jika tidak langsung berfungsi.​​​ Sangat bagus jika ponsel Anda menyala kembali. Tetap saja, awasi itu untuk minggu depan atau lebih.​ Beberapa alat mungkin tidak berfungsi seperti dulu.​​ Kami siap membantu jika Anda memerlukan bantuan setelah mencoba langkah-langkah ini.

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Air telah Merusak Ponsel Anda?

Jika Anda merasa perangkat Anda rusak karena air, carilah tanda-tanda berikut: 

  • Periksa apakah ada tanda-tanda air atau penguapan (atau bekas air kering) di balik layar.
  • Carilah bekas karat yang terlihat di port.​​​
  • Lihat Liquid Damage Indicator ( LDI) yang berubah warna. LDI biasanya terdapat di tempat baterai, jack headphone, atau lubang tempat SIM.​​ LDI akan muncul dalam warna merah atau merah marun jika ponsel Anda rusak karena air.

Bisakah Memperbaiki Kerusakan Akibat Air dengan Beras?

Pakar Asurion mengatakan bahwa memasukkan perangkat Anda yang terkena air ke dalam beras dapat membantunya menyerap air.​​​ Namun, hal ini juga dapat membahayakan ponsel Anda dengan cara lain, seperti membiarkannya berdebu dan mengering pati (produk sampingan beras) ke dalam celah. Selain itu, beras dapat tersangkut di port pengisi daya ponsel atau jack headphone, sehingga sangat sulit mengaluarkannya karena beras akan membengkak jika terkena cairan.​​​​​

Bisakah Anda Mengeringkan Ponsel yang Basah?

​Bukan ide yang baik untuk mengeringkan ponsel Anda setelah basah. Sebagian kelembaban di bagian luar mungkin akan hilang, namun tidak banyak kelembaban di dalam perangkat Anda. Selain itu, panas dapat merusak bagian internal ponsel Anda yang tidak dapat diperbaiki.​​​

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Port untuk Mengisi Daya?​

Untuk mengeluarkan air dari port pengisian daya ponsel, lakukan hal berikut : 

  • Matikan perangkat. 
  • Lepaskan casing yang ada di ponsel Anda. 
  • Buka baterainya jika Anda bisa.​​ 
  • Bersihkan dengan handuk kering yang dapat menyerap cairan.​​ 
  • Untuk menghilangkan kelebihan cairan, tiup perlahan atau gunakan udara bertekanan.​​​ 
  • Biarkan hingga mengering, dengan port terbuka menghadap ke bawah.​ 

Bagaimana Cara Membersihkan Air dari Speaker Ponsel Saya?​ 

Berikut beberapa cara menghilangkan air pada speaker iPhone atau HP Android Anda :​​​​

  • Gunakan kapas untuk membersihkan area sekitar speaker.
  • ​​​Untuk mengeringkannya, matikan perangkat dan berdiri tegak dengan speaker menghadap ke bawah.​​​ Dengan cara ini, kelebihan air akan dikeluarkan.​

Penutup: Cara Memperbaiki Ponsel Rusak Karena Air

Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas, kamua dapat melindungi ponsel Anda bila terkena air. Meskipun terlihat jelas, penting untuk diingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Jika Anda menggunakan pelindung tahan air, jangan membawa ponsel Anda ke suatu tempat yang berisiko dan selalu berhati-hati saat menggunakannya. Dengan demikian, Anda dapat meminimalkan risiko kerusakan udara dan menjaga ponsel Anda tetap kering dan berfungsi dengan baik.

RELATED POSTS

View all

view all